Background

Interview With BLODWEN (Jakarta Symphonic Power Metal)


M1 : Hallo kaka-kaka Blodwen, gimana nich kabarnya sekarang?

 Bernice: Halo juga, kabar baik nih. Masih agak pegel-pegel dari keseruan headbang kemaren di Bogor Gothic Fest tapi baik kok hahaha

 M2 : Tolong dunk ceritakan sedikit awal mula terbentuknya Blodwen hingga sekarang ini!

 Bernice: Tadinya BLODWEN berasal dari komunitas Jepang di Jakarta, waktu itu personilnya gw sama temen-temen SMA gw. Itu sekitar tahun 2004. Terus di tahun 2007 Lexy (ex-Le Sacralist) resmi gabung dan mengubah seluruh konsep band. Dia ngenalin gw sama Nightwish - selain gw jatuh cinta sama aliran musiknya, ternyata karakter vokal gw juga cocok, sejak saat itu BLODWEN lahir. Tahun 2012 seluruh member kecuali gw dan Lexy berhenti dari band karena perbedaan jalan hidup, tapi untungnya di tahun yang sama Bayu (ex-Dreamer, Oracle) dan Cis bergabung. Jadilah yang seperti sekarang ini.

 M3 : Okay, dibalik nama Blodwen, apa sich maknanya?

 Bernice: BLODWEN diambil dari bahasa Welsh kuno yang artinya 'bunga putih'. Kita milih nama ini karena visi nya cocok sama visi band. Bunga putih BLODWEN adalah bunga yang biasa hidup di gunung dan tempat dengan iklim ekstrim. Cocok sama visi band kita yang ingin bisa berjuang dengan musik kita sendiri dimanapun dan bagaimanapun kondisinya.

 M4 : Silahkan diperkenalkan personil Blodwen saat ini!

 Bernice: Ok, sekarang di BLODWEN ada Alexander Lexy di gitar dan arranger, Bayu Djody Gondokusumo di bass, Nikolaus Praditya yang biasa juga dipanggil Cis di drums dan gw sendiri Bernice Nikki di vokal dan penulis lagu.



M 5 : Sampai saat ini sudah merilis berapa EP/Full album?

 Bernice: Sampai saat ini kita udah rilis 3 EP dan 1 full album berjudul "Black Symphony". Kita juga udah rilis 3 single digital, "Bergeraklah", "Requiem for Odette" dan yang terakhir "Riverfall".

M 6 : Oh iya, debut album Blodwen kemarin dirilis di Jepang juga ya, gimana sich awal ceritanya bisa sampai dirilis oleh Label sana?

 Bernice: Debut album kita memang dicetak dan dirilis sama label metal Jepang, rilisnya gak cuma di Jepang tapi di beberapa negara lainnya seperti Jerman, Perancis, Amerika Utara, dll. Kalo ditanya gimana ceritanya sih jujur memang keberuntungan aja hahaha kita cuma pasang demo di beberapa social media music network trus suatu hari kita dikontak sama orang dari label itu lewat email.

M7 : Denger-denger kalian akan meluarkan album baru ya? Kapan tuh!

Bernice: Rencananya tahun ini, mungkin sekitar akhir tahun. Didoakan saja lancar ya. "Riverfall" adalah single pertama yang akan masuk di album baru, dan kita akan rilis single kedua dalam bulan-bulan ini, antara April atau Mei.



M 8 : Untuk lagu "Riverfall" sama "Empty Song" itu menceritakan soal apa?

 Bernice: "Riverfall" terinspirasi dari cerita dongeng Putri Tidur Aurora dan Lady of The Lake-nya King Arthur, tentang seorang pahlawan yang menyelamatkan putri yang dikuasai kegelapan dan dikutuk tertidur dibawah air. Kalau "Empty Song" itu ditulis pada salah satu masa terhampa di hidup gw. Lagunya bercerita tentang kekosongan hidup, hilangnya semua rasa - sedih, senang, marah; dan keinginan untuk lari dari semua itu.

M9 : Nah, kalau influence kalian terbesar dari siapa?

 Bernice: Kita banyak terinspirasi dari Nightwish, Helloween, Stratovarius, J.S Bach, dan Niccolo Paganini. Kita juga menggabungkan unsur teater dan dramatic musical kedalam musik kami.

M10 : Adakah kota di Indonesia yang pengen banget kalian kunjungi untuk bermain di atas stage?


Bernice: Wah kalau ini berbeda-beda, gw pribadi sih pengen bisa tur se-Indonesia suatu hari nanti. Tapi untuk sekarang, gw pengen ke Surabaya dan Yogyakarta karena banyak penduduk sana yg beli CD kita.

Lexy: Kalo gw sih dimana aja yang penting crowd metalnya asik hahahah

Bayu: Gw pengen ke Medan.

Cis: Pastinya Surabaya.



M11 : Trus, adakah keinginan main bareng band luar dalam 1 stage, kalau ada siapakah bandnya?


Bernice: Ini juga beda-beda nih hahaha gw pengen banget bisa sepanggung sama Nightwish tentunya, dan kayanya keren sekali kalo suatu hari nanti bisa duet bareng Sarah Brightman ato Tarja Turunen.

Lexy: Banyak! Helloween, Nightwish, Rhapsody, Yngwie J. Malmsteen...

Bayu: Sepanggung sama Nightwish.

Cis: Gak ada, BLODWEN only. Takut demam panggung kalo manggung sama band lain hahaha

M12 : Menurut pandangan kalian gimana sich perkembangan metal di Indonsaia sekarang ini?

 Bernice: Hmm, menurut gw sih Indonesia sebagai salah satu negara terbesar di Asia Tenggara sebenarnya udah mulai dikenal sebagai negara metal, buktinya negara kita masuk documentary Global Metal-nya Sam Dunn. Cuma ya gitu, paradigma metal disini konotasinya masih lekat dengan rusuh dan kekerasan. Masih ada perpecahan bahkan diantara kaum metalhead sendiri, entah karena aliran musiknya or lebih parah lagi SARA. Tapi pelan-pelan gw melihat perubahan, sekarang banyak event yang gak malu-malu menyuarakan perdamaian dan persatuan. Itu bagus sekali. Istilahnya jangan ngaku anak metal kalo kerjaannya cuma ngerusuh. Tunjukin juga ke komunitas lain kalo yang namanya metal itu berotak dan cinta damai. Musik kita boleh hitam tapi hati kita gak boleh ikutan hitam.



 M13 : Seberapa pentingkah merunut kalian mengenai media di scene metal seperti kami?

 Bernice: Wah krusial banget lah. Dari awal adanya sejarah metal juga memang musik ini kan termasuk musik underground. Artinya, jenis musik ini jam tayang di TV atau radio sangatlah sedikit. Metal bisa tersebar seperti sekarang ini ya karena media dan fans nya yang sangat berdedikasi terhadap musik yang habis-habisan mereka cintai ini. Tanpa media dan fans, metal gak akan bisa berkembang seperti sekarang. Penting banget itu.

M14 : Nah, kalo kesibukan kalian selain bermusik apa nich?

Bernice: Gw dosen vokal dan teater di beberapa akademi musik. Selain itu gw juga ngajar vokal freelance. Sisa waktunya buat BLODWEN.

Lexy: Kesibukan gw semua menyangkut gitar, kalo gak main band ya sehari-hari gw sebagai product specialist dan clinician berbagai brand seperti Line6, Boss, dll. Gw juga ngajar gitar private.

Bayu: Product Specialist Bass di distributor alat musik.

Cis: Gw masih kuliah. (Bernice: Cis malu-malu tapi diem-diem gitu dia kuliah musik jurusan drums lho hehehe lulusnya masih beberapa tahun lagi sih, doakan juga sukses buat kuliahnya ya.)
 
M15 : Apa harapan kalian untuk kedepannya?

Bernice: Bisa hidup dari BLODWEN, bisa dikenal dan bersaing dengan standar internasional, dan suatu hari nanti world tour pastinya. Kalo harapan jarak dekat sih sukses meluncurkan album kedua hehe


M16 : Ada pesankah untuk rekan-rekan sesama musisi!

Bernice: Jangan menyerah berusaha dan jangan takut bermimpi. Semua penemuan terhebat sepanjang masa selalu berawal dari mimpi. Salam persatuan untuk sesama musisi yang sedang berjuang \m/

M17 : Tolong sebutkan kalimat terakhir untuk MIANYDOIRE!

Bernice: Semangat terus untuk Mianydoire dalam menyebarkan info seputar metal! Mianydoire adalah blog metal Indonesia pertama yang meng-interview BLODWEN, sebelumnya kita sudah pernah diinterview oleh blog metal Thailand. Semoga ke depannya blog-blog semacam ini tambah menjamur dan menyebarkan metal ke seluruh pelosok negeri! \m/

M18 : Okay, thanks!

 Bernice: Terima kasih kembali sudah mengundang BLODWEN. Oh yah, untuk teman-teman yang belum ikutan twitter atau FB BLODWEN, langsung aja follow @BlodwenBand dan like www.facebook.com/blodwenofficial yah. Thanks & Peace out! \m/

Categories: Share

Leave a Reply